Minggu, 22 Maret 2015

Antara Gula dan Karies Gigi


PePenyebab utama karies gigi adalah konsumsi gula. Bakteri dalam mulut mendapat makanan dari gula tertentu, menghasilkan plak yang mengandung asam yang menghilangkan mineral dari enamel gigi. Kecuali dibersihkan dengan baik, asam akan terus menghancurkan gigi ke titik dimana seorang individu dapat mengalami sakit gigi yang parah

Para peneliti mencatat, meskipun sudah dilakukan penggunaan fluoride dan berbagai perbaikan teknik dalam upaya pencegahan penyakit gigi dan mulut, kasus karies gigi di seluruh dunia tetap sangat tinggi. Bukan hanya masalah klasik pada anak-anak, namun juga karies pada orang dewasa. Para peneliti itu kemudian menganggap asupan gula sebagai penyebabnya.
Pada tahun 2002, WHO merekomendasikan free sugar maksimal 10% dari total asupan energi individu, yang setara dengan 50 gram free sugar perhari. Namun baru-baru ini WHO menyatakan bahwa konsumsi gula harus ditekan menjadi setengahnya, hanya 5% dari asupan kalori, atau setara dengan 25 gram free sugar perhari (Maret, 2014)
Jurnal BMC Public Health malah menjelaskan bila 5% merupakan angka maksimum, sedangkan targetnya seharusnya adalah 3%


Sumber : Majalah Dental dan Dental edisi Januari-Februari 2015 
kata kunci : karies, gigis, gula

 Selama bulan Ramadhan kami buka mulai jam 20.00-selesai