Pada awal berkembangnya, sebuah klinik entah itu klinik umum ataupun klinik khusus seperti klinik Gigi dan Mulut berkembang dari sebuah Praktek perorangan. Dimana yang diandalkan adalah profil dokter yang bersangkutan. Di lingkungan masyarakat yang relatif tradisional, profil seorang dokter menjadi brand image sebuah praktek. Sedangkan sosialisasi dan promosi mengandalkan informasi dari mulut ke mulut pada masyarakat.
Dengan berkembangnya zaman, ternyata pola ini juga tidak hilang. Di Kota besar seperti Surabaya dan Sidoarjo, masyarakat masih memandang sosok seorang dokter di Rumah Sakit atau Klinik. masih belum memandang Rumah Sakit atau kliniknya secara umum. Sehingga disadari ini menjadi sebuah fenomena tersendiri. Di tengah upaya Universal Health Coverage yang diterjemahkan Pemerintah dalam program BPJS, ternyata ada kelas tersendiri di masyarakat yang tetap tidak memanfaatkan layanan BPJS ini karena masih mengikuti pola minded pada seorang dokter yang mereka yakini.
Di Era media sosial, dari sisi dokternya terbuka peluang besar untuk bisa mempublikasikan layanan kesehatannya. Seorang dokter dapat memanfaatkan layanan gratis seperti google my bussines, google map dan layanan lain dengan tetap memperhatikan etika kedokteran, yaitu memberikan informasi secara profesional dan tidak berlebihan terkait layanan yang diberikan. Masyarakat sekarang berhak melakukan penilaian secara langsung. Secara otomatis google akan mengatur peringkat sesuai kriteria penilaian masyarakat. Sebagai "hadiah", tempat layanan yang terbaik diberi kesempatan muncul terlebih dahulu ketika masyarakat search di mesin pencari google. Pada akhirnya harus disadari sebuah kepercayaan masrakat (trust) lahir dari sebuah kejujuran yang kemudian menghasilkan integritas (integrity), ketulusan (sincerity), keandalan (reliability), komitmen profesionalisme (commitment), keajegan (consistency) dan kompetensi keilmuan yang memadai (competence) pelayanan yangtidak akan lekang oleh zaman. Hanya mengalami transformasi dan evolusi dari waktu ke waktu.
Akhirnya kami serahkan kepada masyarakat dalam memberikan penilaian. Dan tidak lupa kami selalu menhaturkan terimakasih kepada masyarakat yang telah berkenan memberikan apresiasi dengan tulus kepada kami. (BAS-2018)
Praktek drg. Benny A.S., M.Kes dan drg.Indah di Ruko Graha Kota blok CC-10, Sidoarjo, Jawa Timur
Selama bulan Ramadhan kami buka mulai jam 20.00-selesai
-
SEBUAH MITOS ATAU FAKTA? Sejak awal saya menempuh pendidikan dokter gigi di Kabupaten Jember, sering saya menemukan pendapat-pendapat d...
-
Sebenarnya mungkin perkembangan kesehatan masyarakat sudah ada sejak zaman kerajaan, tetapi belum sempat terdokumentasikan dan terlaporka...
-
JADWAL PELAYANAN DOKTER GIGI BENNY A.S DAN DOKTER GIGI INDAH Jam 3-5 sore WITA PRAKTEK DOKTER GIGI jl. dr. Murjani 2 gg. Alam Indah ...